ET CETERA Bandung

Et Cetera terletak di Jalan Trunojoyo, di tengah-tengah Kota Bandung yang terkenal dengan kekayaan boga-nya. Pertama kali tau resto ini ya dari pacarku…yang terkesan dengan perjalanan resto ini dari sewaktu dia kuliah dengan konsep warung tendanya, hingga saat ini menempati bangunan yang cukup mewah. Asyiknya, harga-harga makanannya juga tidak semahal di Jakarta. Dengan uang Rp50K per orang, kita sudah bisa menikmati konsep fine-dining a la Eropa di resto ini.

Et Cetera (etc) menawarkan berbagai hidangan Eropa, terutama aneka olahan steak, dari beef, lamb, salmon, hingga kanguru (tapi kayanya sekarang udah ga ada). Malam itu kami datang bertiga, dan memesan tiga menu utama yaitu Tournedo Steak, Popeye Steak dan specialty etc, Steak Parcel.

Tournedo Steak terdiri atas daging sapi yang dibakar hampir matang hingga masih terasa juicy, dan disajikan dengan kentang tumbuk dan diimbuhi dengan keju yang meleleh dan sedikit sayuran. Tentu masih ditambah lagi dengan saus khas etc, yang membuat rasanya…hmmmm…tak terbantahkan enaknya..setidaknya bagi lidah kampungku.

Beralih ke Popeye Steak, yang satu ini lebih seperti steak pada umumnya, disajikan dengan sayuran dan kentang dan saus yang juga biasa. Enak siiih, tapi tidak spesial. Hal ini wajar, karena mungkin disediakan untuk penyuka steak konvensional.

Berikutnya Steak Parcel. Steak yang satu ini disajikan dengan tampilan yang unik, yakni daging yang digulung kemudian dibungkus dengan sejenis kulit lumpia. Dalam gulungan ini juga ditambahkan kayanya sejenis mozarella, sehingga rasanya…hmmmm…enak banget!!. Ga salah sih kalo ini dijagokan sebagai specialty etc, meskipun kalo aku sendiri paling favorit yang Tournedo Steak. Steak Parcel ini sepertinya menang di tampilan, walaupun rasanya juga cukup top.

Acara makan kita malam itu ditutup dengan pencuci mulut yang disebut Orange Souffle. Hidangan ini adalah jus jeruk yang dibekukan, lalu dihidangkan dengan hiasan buah-buahan di bawahnya, dan disiram dengan semacam saus jeruk. Hanya kalo menurutku sih pencuci mulut ini masih terlalu manis, sehingga kayanya kurang cocok bagi yang ga suka manis-manis. Sugestinya jadi terlalu banyak makan gula..pasti jadi takut nduut.

Masih banyak lagi menu yang enak di resto ini, tapi yang recommended bisa coba creamsoup-nya. Nyam….enak banget. Kalo ada segentong mungkin bisa aku habiskan sendiri..hehehe. Tapi untuk menu lainnya masih belum sempet nyobain, dah kadung cinta ama Tournedo Steak sih!!! Tapi buat yang pingin nyobain makanan Eropa yang apik penataannya, enak rasanya dengan harga yang ga terlalu mahal, bisa deh cobain Resto etc ini..dijamin…

Ps.

Total sakit hati kali ini..Rp155K dengan 3 makanan di atas ditambah lemongrass tea (masih kalah dengan Vietopia punya), regular tea, mineral water. Lumayan…