Parit 9

Parit 9 adalah rumah makan yang menyediakan hidangan yang bersumber dari laut alias seafood. Rumah makan ini terletak di salah satu sudut kota kembang, tapi maaf, aku ga begitu tau detail alamatnya..maklum, bukan orang Bandung..hehe. Tapi yang jelas rumah makan ini terletak di seberang Salon Denny Sukma (kalo ga salah ;p).

<>Aku tau rumah makan ini dari salah seorang teman ibunya cewekku (halah..susah amat ya hubungannya..hihihi). Katanya nih, bahan2nya (ikan, kepiting, de el el) lumayan segar (atau segar malah) dibandingkan rumah makan lain. Ga tau deh..karena aku belum pernah nyobain rumah makan seafood lain di Bandung. Sekarang kita fokus ke makanannya aja.

<>Parit 9 menyediakan beragam menu standar seafood seperti berbagai macam ikan (kakap, baronang, kerapu, bawal de el el), kepiting (soka, telor, apalagi ya…), udang (tiger, lobster, galah, jari), cumi, kerang, plus sayuran ala chinese food. Kesan pertama terhadap rumah makan ini ya..penuh. Aku pesen kepiting saos singapura, cumi asam manis, bawal bakar kecap, udang tiger jumbo goreng mentega, plus kerang rebus. Minumnya cukup es kopyor.

Tahap memesan makanan dan menunggu merupakan ritual tetap di berbagai rumah makan. Namun di Parit 9, hal ini merupakan hal yang cukup menyebalkan, karena pelayan2nya sangat sibuk sehingga beberapa pelanggan (merasa) terabaikan. Tetapi hal ini cukup bisa dimaklumi, karena waktu itu bertepatan dengan jam buka puasa. Jadi ya wajar aja kalo rame dan penuh.

Makanan: Secara umum sebenarnya rasa masakan di Parit 9 ga terlalu istimewa. Tapi satu hal yang harus diakui, ikan dan teman2nya emang segar2!! Sehingga kalo aku sih lebih suka merekomendasikan kalo pesen ya yang olahan original aja, kaya rebus, goreng biasa, n bakar. Kalo pake saos ga jelas malah rasa makanan lautnya hilang, berganti dengan keruwetan campuran bumbu2. Aku ga tau kalo ini merupakan efek samping dari kebiasaan makan sushi ;p. Tapi bener deh..kalo ikannya masih seger2, kenapa ga nyoba makan dengan rasa yang juga ‘alami’.

Satu tips lagi, pilih sendiri ikan/kepiting/lobster yang akan dimakan. Trus kalo mau ya timbang sendiri ikan2 itu (atau request ke pelayannya). Karena di Parit 9 harganya didasarkan berat dan ada berat minimal kalo kita pengin mesen. Kalo ga gitu, biasanya kita bakal kaget dengan tagihannya. Tapi yang nyenengin, harga kerang rebusnya murah oi..cuma 7000 – 10000 per porsi. Trus kerangnya juga seger, ga ada rasa anyir ato sabun yang biasanya nempel di kerang2 Jakarta. Mungkin karena bahan lautnya datang dari laut selatan ya? CMIIW.

Mungkin sekian dulu review untuk resto ini..belom ada waktu nulis lebih banyak lagi. Tar disambung yeee..

One comment

  1. Have you ever thought about writing an ebook or guest authoring on other websites?
    I have a blog based on the same ideas you discuss and would really like to have
    you share some stories/information. I know my viewers
    would enjoy your work. If you are even remotely interested, feel free to send me an e-mail.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: