Banjir 2007..

Jumat, 2 Februari 2007

Hujan yang turun semalaman di seantero Jakarta mulai Kamis malam akhirnya membuat Jakarta tergenang. Pagi itu, suasana di depan rumah udah ga normal. Jam 6.30 pagi..jalanan yang biasanya macet, saat itu lengang sekali. Ternyata, di bantaran kali Pesanggrahan arah Joglo (sekitar Superindo n Permata Residence) udah mulai kerendem, dan ini menyebabkan lalu lintas ke Pos Pengumben terhambat.

Jam 7.30, aku berangkat dari rumah. Belum kebayang saat itu separah apa banjir di Jakarta kali ini. Sampe  depan Hotel Sangri-La..permukaan air di kali udah hampir selevel badan jalan.

Sampe kantor jam 8.00..sepi..orang-orang kantor pada blom datang. Telpon kantor berdering terus-menerus..rata-rata minta ijin ga masuk kantor karena rumahnya kebanjiran..

Siangnya, pemadaman listrik..kegiatan di kantor lumpuh. Sekitar dua jam tanpa listrik, jam 4 sore pulih kembali. Tanggung..mood udah hilang, mending pulang aja. Ternyata..di mana2 macet cet..Sudirman tergenang. Depan Shangri-La? sami mawon. Jalan yang tadi pagi aku lewati sekarang sudah jadi sungai.

Aku telpon sodara..”udahlah Mas, kowe ga usah pulang..macet!! Mending besok pagi aja!”, begitu jawaban di ujung telepon. Ya udah..kalo gitu tak ngungsi ke Bandung aja. Setelah muter-muter & mikir cari jalan keluar Jakarta (yang saat itu kayanya there was no way out), akhirnya diputuskan lewat Pramuka. Sebelumnya mo keluar lewat Cempaka Putih, ternyata jalan ditutup..dan kita disuruh muter balik ke arah Senen.

Lewat Pramuka dengan mulus..kita naik tol dan ketemu langsung dengan kemacetan. Its ok..batinku. Masih jalan koq, dan ga macet kaya di Gatot Subroto. Akhirnya setelah merayap tapi jalan, aku sampe di Cawang. Aku arahkan kendaraan ke arah Cikampek. Alhamdulillah..saat itu jalan yang mengarah ke Cikampek, meskipun sempat terendam, sudah surut. Tapi di bawah tol itu banjir menggenang..

 

Setelah bermacet ria, dua jam berikutnya aku udah memasuki kota Bandung. Di Bandung, aku baru tau kalo banjir kali ini sedemikian parahnya. Di Jakarta saat itu mulai dilakukan pemadaman listrik di mana-mana. Sebagian penduduk sama sekali tidak mengetahui apa yang sedang terjadi, atau seberapa parah keadaan kota mereka. Aku sendiri berusaha telpon sodara yang di Jakarta susahnya minta ampun. Ternyata jaringan telekomunikasi ikutan lumpuh. Yo wis..tak putuskan untuk menginap selama dua hari di Bandung, Minggu mudah2an bisa pulang. Sampe hari Minggu, berdasar berita di TV, ternyata aku masih belum bisa pulang..dan diputuskan pulang Senin sambil menunggu keadaan membaik.

Senin pagi, aku pantau berita banjir di TV & internet..sepertinya udah bisa pulang. Sambil bergegas kemas-kemas, aku segera mempersiapkan bahan makanan, siapa tau ntar kejebak macet di jalan.

Jam 9.30an pagi aku berangkat dari Bandung. Perjalanan lancar sampe Cikampek. Nah..di Cikampek, sekitar Karawang kalo ga salah, ternyata sodara-sodara kita juga banyak yang dilanda banjir. Tenda-tenda banyak berdiri di pinggir jalan tol. Ada juga sepeda motor masuk ke tol..jelas akibat banjir juga.

Sampe tol dalam kota..jalur Cawang-Priok masih terputus karena di underpass tol terendam air, mungkin lebih dari semeter dalamnya. Diputuskan keluar pintu tol Pancoran…mulai merayap..dan akhirnya kelar juga dari jalan tol. Masuk Saharjo…trus sampe flyover Casablanca..pasar rumput (sukurnya ga kena banjir karena dah surut)..Sultan Agung..Menteng..dan akhirnya sampe kantor jam 12 siang. What a day..

Sepanjang hari itu, matahari terus bersinar..cerah. Makanya aku putuskan untuk nganter ceweku ke kosnya di Cempaka Baru. Semua normal…kecuali saat aku cari putaran ke Senen..masya 4JJI, perempatan Coca Cola a.k.a Cempaka Mas udah kaya laut, lebih tinggi daripada hari Jumat kemaren.

Tapi alhamdulillah semua terlewati dengan lancar. Tapi..pagi tadi (6Feb’07) hujan lebat kembali mengguyur Jakarta. Jam 4.45 pagi ceweku telpon, air mulai masuk halaman. Tapi alhamdulillah lagi, dua jam kemudian air menyurut. Cuma, kalo banjir gini..akses ke kos-nya pastilah tertutup..one thing that makes me feel bad..

Yah..mudah2an banjir segera berlalu..

Jakarta, 6 Februari, 16:36

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: