Honda VS Yamaha

Di Indonesia, antara HONDA dan YAMAHA memang sudah tercipta rivalitas yang demikian kuat, baik di kalangan pabrikan maupun konsumen. Yang menarik untuk disimak bahwa untuk pertama kalinya dalam sejarah permotoran modern Indonesia, dominasi Honda disalip oleh Yamaha pada kuartal pertama 2007. Menyedihkan bagi Honda..sukses luar biasa bagi Yamaha.

Tahun ini mungkin menjadi mimpi buruk Honda yang mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya. Sukses merajai pasar motor Indonesia dengan jargon 4 tak yang irit, Honda seakan lupa diri dengan kemampuan kompetitor dan peta motor dunia yang terus berkembang. Akhir dekade 90’an, Suzuki dan Yamaha mulai memproduksi motor bebek 4 tak yang efisiensi bahan bakarnya jelas sama dengan Honda, plus lebih bertenaga akibat cc yang lebih besar. Akibatnya, Shogun dan Vega mulai memasuki pasar anak muda dengan desain produk yang dinamis. Faktor desain dan teknologi mesin sungguh menjadi cacat bagi Honda. Hal itu mulai diperbaiki dengan generasi SupraX dan Karisma, sebagai pelopor motor bebek 125cc di Indonesia. Namun, tetap saja Honda lebih berkonsentrasi menciptakan motor irit daripada motor yang stylish dan bertenaga. Saat ini, orang awam pun tahu, efisiensi sesama motor bebek 4 tak tidak terlalu signifikan. Justru faktor teknologi mesin yang berimbas pada tenaga yang menjadi perhatian konsumen yang nota bene anak-anak muda.

Keiritan Honda yang ‘ga seberapa’ lambat laun mulai menjadi pagar makan tanaman bagi Honda. Facelift yang dilakukan Honda bagi beberapa produknya menuai cemoohan dari konsumen yang melek teknologi. Ya..hanya sekedar facelift alias bedah kosmetik tanpa merubah jantung dan isi perut produk-produknya..sementara Yamaha mendobrak pasar dengan Jupiter, Jupiter MX, Mio, Nuovo dan yang terakhir bikin heboh dengan suskesnya, Yamaha V-Ixion. Karisma dan Supra 125 X yang dijagokan, keok seketika jika diadu dengan produk pabrikan lain, terutama Yamaha. Ditambah strategi Yamaha menonjolkan Valentino Rossi sebagai ikon Yamaha semakin membius anak muda yang ingin tampil trendi. Peluncuran New Tiger Revo dengan mesin lawas semakin menambah caci maki dan tertawaan ke muka para petinggi AHM. Memalukan, pabrikan motor nomor wahid dunia masih membodohi konsumennya di Indonesia. Memang ada sas-sus dari seorang teman tentang produk Honda ini..tapi kenyataannya bagaimana? kita hanya bisa menunggu.

Yang jelas..prinsipal Honda di Jepang menunjukkan bahasa tubuh yang ‘unhappy’ alias gusar dengan kondisi Honda Indonesia. Penunjukan Johanes Loman sebagai orang nomor satu di jajaran marketing AHM menunjukan betapa paniknya AHM sekarang. Cerita sukses Loman dengan Xenia-nya ketika masih di Daihatsu diharapkan dapat menular ke AHM yang sudah terkapar dan bingung mau ngapain. Apalagi barusan dirundung masalah dengan Vario-nya..ditambah kue pasarnya yang disambar Yamaha. Jika Honda tidak cepat ber-inovasi, baik di SDMnya maupun di jajaran produk, akhir cerita hampir bisa ditebak..kolapsnya Honda di Indonesia yang akan menjadi berita besar di media, milis, dan pameran otomotif di Indonesia, Asia dan Dunia..

25 komentar

  1. […] Mei 1st, 2007 in Mobil Motor Setelah sempat berdarah-darah ketika ‘harga diri’nya ditikam Yamaha, akhirnya Honda mengeluarkan jurus lama tapi baru dengan mengeluarkan Honda Revo pada 20 […]

  2. Heri Setiawan · · Balas

    Yeha… Yamaha memang semakindi depan… walaupun cuman pake VEGA 2002, seneng dah liat berita ini….

  3. @ Heri Setiawan

    Mas, meskipun aku fanatik Honda, tapi apa yang dicapai Yamaha emang harus diakui..SALUT YAMAHA!!!

  4. Heri Setiawan · · Balas

    Kalo saya mah anti Honda…😀

  5. Suzuki gimana nasibnya. Aku pecinta Suzuki, sejak SMA motorku Suzuki, ga pernah ke lain hati..

    om..kalo suzuki sebenernya bagus mesinnya..kuenceng gitu, ya mau yang 4 ato 2 tak Tapi sekarang (kayanya) karena salah strategi aja mereka kelelep..CMIIW🙂

  6. iya neh honda cuma menang irit doang,tapi tetep aja klo style n performanya lelet
    coba aja honda bikin motor sportnya baru honda bisa naik daun lagi,kalo cuma ngeluaran motor baru tapi dalemannya ga dirubah mah sama ja boong.jijik gw honda….

  7. javier · · Balas

    dear javier….

    halo honda,,, apa kabar
    aq pencinta motor honda apalagi honda tiger
    tapi sekarang kok honda udah tersaingi dengan merek2/ motor lain
    maaf ya nyebut merek misalnya Yamaha.aq dukung buat honda

  8. MX135LC · · Balas

    Kenapa anda2 mau beli motor Honda yg mahal itu?? Adakah kesesuaian harga dengan produk yg ditawarkan? Perbandingan dengan produk dr merek lain? Apakah anda terpaksa mengendarainya/membelinya?? Suatu bahan perenungan bagi anda….

    1. hmm.tentu karna di seluruh dunia HONDA udah di akuin mesin yg terbaik untuk sepeda motor..!
      .menurut hasil survei di negara” eropa bnyak yg pake honda lagian honda kn rajanya 4 tak..!
      .jelas harga yg di tawakan nya pun agak sdikit mahal..karna kualitas mesin nya boleh di adu dengan yamaha..!
      .pasti HONDA yg lebih baik dan oke..!

      weqq..

  9. @ MX135LC

    Hmm..fenomena menarik yah, ada yang bisa menjelaskan??😀

    (Mas, CS1 mayan tuh ditarikin ama MX😛 )

  10. Wenny · · Balas

    ono opo karo Honda ???? data terbaru AISI untuk apr 09 :

    -Honda anjlok ke 155.789 share tinggal 40%;
    -Yamaha 189.082 share naik jadi 49%;
    -Suzuki 36.901 (9.6%)

    bahkan katanya honda takut di expos kalo dia udah kalah dari bulan desember 08, mkanya show offnya keliatan, demand mbeli motor turun, yamaha malah naik podium……

  11. PUYANG_BUJANG · · Balas

    Seharusnya Para Petinggi AHM Malu Dengan Motor2 Produksi Honda Saat Ini,, Coba Klo Motor Honda Teknologi & Bentuknya Di Ubah Lebih Modern Pasti Akan Laku Keras…..
    Menurut Saya,, Ganti Aja Pejabat2 AHM Yg Gak Bisa Mikirin Kemajuan Honda..
    Payah!!

  12. dah…bagi honda cepatan keluaran honda air blade injektiony siapa tau penjualanya langsung melesat tajam, n klo bisa bikin iklanya dari orang luar jangan orang lokal… kurang menarik…

  13. honda untuk kawasan asia g berharap dech, MAHAL LAGI!!!! laen lagi untuk pasran eropa. Yamaha always

  14. YAMAHA ?? ya jelaslah yamaha emang semakin di depan I LOVE YAMAHA !!!

  15. HONDA gue kecewa sama loe gue ini pemuja honda bnget..
    .tapi napa loe smpe terlena kyak gini..mentang” loe rajanya 4 tak
    .HONDA maju’in donk motor sport loe jngan bebek ja..
    .liat nohh YAMAHA motor sport nya di majuin bnget tp tetep motor bebek nya jg di imbang’in..
    .liat jupiter-z baru keren bnget body nya and mesin nya jg mantep..

    .jd intinya please untuk HONDA jngand smpe terlena..terutama untuk body loe tebelin donk cat nya sm body nya,soalnya motor HONDA ntuu tipis bnget cat sm body nya..
    .so..jd mudah bnget pecah(geger)..contohin YAMAHA tuhh body nya kuat bnget asli..

  16. Hm..honda please dech jngand norak gtu dehh..
    .loe ntu cuma menang di mesin aja untk waktu skrang..

    .untuk ukuran body loe ktngglan jaman bnget..apa lagi body loe mudah pecah gak karuan..

    1. kalo mudah pecah sih dari jaman supra 97 juga dah mudah pecah🙂
      tapi memang improvement yamaha cukup bagus..sayangnya, di beberapa bagian yamah juga masih ada kekurangan (contoh: sokbreker jupi Z yang karatan di ulirnya, di supra 97 ga ada karat blass..padahal cara cuci n ngeringin sama)🙂

  17. HONDA misalkan klo loe ngeluarin produk yg sama kyak satria FU n KAWASAKI atlet,produk loe akan laku keras apalagi klo injeksi+Cc nya agak besar kira” 165..

    .wahh pati laku berat tuhh gue yakin tapi inget ya jngand buka harga yg kurang terjangkau..
    .hhehe…

  18. pendapat orang beda2 man,, so g usah dipaksain,,suka2 orangnya dong,, mau beli yamaha ya silahkan, mau beli honda ya silahkan,, duit2 dia sendiri ,,,gitu aja kok repot..

  19. Inget,,,sama pepatah ga,,,?
    Hidup memang berputar kaya roda…bung..
    Kadang di atas kadang juga di bawaah..
    nah …sekarang mungkin honda lagi di bawah, dan yamaha lagi di atas..
    jadi, manurut saya kedigdayaan honda mungkin akan bangkit lagi suatu saaat. Jadi tunggu aja kawan…ok bro………..

  20. rafflesia · · Balas

    Perang merebut hati konsumen…
    Memberikan yang terbaik buat Konsumen.

    Kalo saya dukung Honda aja dech…

  21. ckckckkckkkckckcckck
    w dulu pecinta honda
    tapi ya karna model jg mesinnya gtu2 aj
    gk ad perubahan
    ya w pindah ke YAMAHA
    eh ternyata enak jg nyaman kok YAMAHA
    hoda juga bodynya cepet gegar,catnya tipis banget,cepet kusam warnanya
    jd YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN

  22. yamaha…
    motor gw punya.
    yg lain pst ketinggalan…
    wekwekwekwek

  23. Saya datang dari masa depan, akakakakaka
    Honda dimasa depan tetep Katrok

    Trust me!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: