Another Nissan..Livina

Sabtu kemaren (12 Jan 08) aku mencari sesuatu keperluan di BSM. Kebetulan sedang ada pameran mobil kecil-kecilan, dan yang berpartisipasi di situ adalah Honda dan Nissan. Stan Honda jelas aku cuekin (gimana enggak, wong sering dateng ke bengkelnya untuk servis rutin..hehe), dan melengganglah aku ke stan Nissan.

Di sini aku melihat mobil yang katanya akan menjadi contender of the year-nya Nissan untuk pasar mobil Indonesia di kelas small MPV, yaitu Nissan Livina. Kesan? Ga berharap banyak, yang jelas rasa penasaranlah yang membawa aku ke stan pabrikan ini. Kalo pertama liat sih udah waktu di Guangzhou dulu (note: mobil ini pertama diluncurkan di RRC dengan nama Geniss dan Livina..CMIIW). Yang jelas dari tampilan luar cukup bagus, rapi, dan lumayan elegan dengan sedikit citra konvensional. Interior cukup bagus dengan kualitas buatan seperti rata-rata pabrikan Jepang lainnya. Hanya detail di dashboard agak kurang bagus..contohnya knop AC dan head-unit yang kesannya ‘agak murahan’ alias kurang tebel dan kokoh. Yang mengejutkan, joknya ueeeeenak banget, baik yang di depan maupun untuk penumpang belakang. Kelebihan lain, interior cukup roomy dibanding Honda Jazz dan Toyota Yaris misalnya, dengan ruang kepala dan kaki yang cukup memadai bagi penumpang depan dan belakang. Hal ini karena jarak sumbu roda yang sama dengan kakaknya, Grand Livina yang didesain untuk 7 penumpang, sedangkan Livina hanya 5-seater.

Door trim rada aneh, tapi cukup bagus. Sedangkan kapasitas bagasi luar biasa lega. Jelas karena pengaruh sumbu roda yang panjang itu🙂. Sayangnya, bibir bumper belakang cukup tinggi, sehingga untuk menaik-turunkan barang bawaan, kita harus sedikit menambah usaha dan tenaga kalo ga mau bumper belakangnya baret-baret dan supaya barang bisa masuk ke cabin (bagasi). Hal ini mengurangi banyak nilai ergonomis dari mobil ini.

Ga akan lengkap sebenarnya kalo ulasan ini tidak menyingkap sisi sumber tenaga mobil ini. Tapi dengan mesin yang sama dengan Nissan GL, ga banyak hal baru yang bisa diulas di sini. Lagian, aku sendiri belum pernah coba pake mobil ini, sehingga kalo ulasan mesin sih monggo dilihat di sumber-sumber lain🙂

3 komentar

  1. […] Here’s another interesting post I read today by Final Destination..the next step […]

  2. Mas Kopdang · · Balas

    Ah, beli atu ah…

  3. Aye mimpi dulu aje Bang😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: