Freed vs Grand Livina

Honda rencananya akan mengeluarkan varian baru people carrier 7/8 seater di bawah Honda Odyssey dan Stream, yaitu Honda Freed. Mobil ini disebut-sebut mengambil platform New Honda Jazz dengan lantai rata, paket interior sempurna dan peletakan tangki BBM yang pintar, sehingga mobil minivan ini mampu mengangkut 8 penumpang dengan nyaman.

Sementara Nissan Grand Livina, sejak penampakannya di Guangzhou akhir 2005 lalu, di Indonesia juga mampu meraup penjualan yang menggembirakan. Konsep mobil kecil yang mampu berpenumpang banyak dan irit menjadi gimmick sales Nissan untuk menarik konsumen, dan sepertinya hal itu akan diikuti oleh Honda. Sementara, pendahulu di kelas ini merupakan pemain lama yang memiliki nama besar, Toyota dengan proyek kolaborasinya, Avanza – Xenia (Daihatsu).

Nah, antara Honda Freed dan Nissan GL sendiri gimana? Honda telah menghentikan pasokan mesin i-Dsi yang memiliki teknologi 2 busi pada 1 silinder (yang sekarang dibanggakan Bajaj Pulsar dengan DTS-i nya..hehehe), dan mengganti seluruh line up-nya dengan mesin berteknologi i-VTEC. Sementara Nissan tetap pede ama CVTV-nya. Artinya, seluruh mobil ini punya tenaga besar dengan konsumsi bensin minimal.

Sekarang pilih mana? Karena Freed belum ada ujudnya di Indo, cukup puasin menilai dari gambarnya. Honda punya dimensi atap yang lumayan tinggi, sementara Nissan pipih. Keuntungan Honda, hal ini menciptakan head-room yang lega bagi penumpangnya, sedangkan Nissan menimbulkan paranoid bagi yang phobia ruang sempit. Sementara lantai rata di Freed akan memberikan ruangan bagi dengkul dan kaki bagi penumpangnya. Nissan? Cukup lumayan juga, tapi tidak buat deret bangku paling belakang (ketiga), dan mungkin ini juga berlaku bagi Honda.

Konsep pelipatan bangku pintar ala Honda (Ultra Seat) ga tau akan dipertahankan atau nggak. Sepertinya sih untukFreed ini, mekanisme pelipatan malah mirip Innova, tapi ga tau yaa…wong aku bukan orang Honda plus ga mampu beli..huehehehehe. Tapi dari pengalaman yang sudah-sudah, untuk mobil kecil Honda jelas di atas Nissan dalam hal kepraktisan. Contoh, Jazz ditandingkan dengan Livina (short), jelas menang Honda. Begitu juga Freed dengan GL. Bibir bagasi yang rendah memudahkan pemilik (terutama kaum ibu) untuk menaikturunkan bagasi, masih ditambah pintu samping model geser. Dijamin penumpang tengah dan belakang serasa dimudahkan untuk naik turun kendaraan.

Bagaimana dengan Nissan? Penumpang dijamin berat untuk mengangkat bagasi, karena bibir bagasi yang kurang dower!!! Sistem pintu konvensional dan mekanisme pelipatan bangku yang biasa-biasa saja turut menurunkan poin Nissan dalam sektor akomodasi dan kepraktisan. Tapi, suspensi yang disinyalir merupakan kolaborasi Nissan dengan Renault memang nyaman tapi cukup stabil. Sementara jika Honda mempertahankan tradisi suspensinya di Jazz/Fit yang notabene keras tapi stabil dan menerapkannya ke Freed, dijamin Anda akan mendapatkan kestabilan kendaraan dan kelabilan di pinggang alias sedikit encok. Mudah-mudahan Freed dilengkapi dengan suspensi yang stabil tapi lumayan lembut.

Sektor mesin, untuk yang 1500 cc Honda surplus tenaga 10 hp dari Nissan. Ini berdasarkan brosur lhoooo… Cuma, karakteristik keduanya sepertinya sama koq..(lagi-lagi berdasar pengalaman doang), di mana mesin menyemburkan tenaga secara penuh di putaran menengah ke atas. Kalo putaran bawah sih adem ayem aja. Sehingga, untuk sektor ini nanti efisiensi mesin akan berbicara banyak.

Transmisi gimana? Manual no comment, ga pernah ngerasain sih. Matic juga sama..hehe. Tapi, dengan transmisi CVTnya, Freed mampu memberikan pengendaraan lebih halus dibandingkan transmisi matic biasa (meskipun sudah electronically controlled) milik Nissan.

Sementara itu aja head to head dua mobil ini, mudah-mudahan kalo ada launching & test drive aku juga diundang (ngarep)…

8 komentar

  1. budiharjono · · Balas

    Saya tidak setuju jika dikatakan “untuk mobil kecil Honda jelas di atas Nissan dalam hal kepraktisan. Contoh, Jazz ditandingkan dengan Livina (short)” dibandingkan dengan jazz, dimensi ruangan Livina short dengan kapasitas duduk penumpang 5 orang jelas memiliki kabin yang lebih luas dibandingkan jazz.

    Saya awalnya pengguna Hyundai Getz. Awalnya saya juga meragukan tentang produk Nissan terutama GL, karena ada beberapa informasi yang menyangkut berita miring tentang Nissan GL. Namun ternyata setelah saya beralih ke Nissan GL, saya merasakan perbedaan yang signifikan terutama tarikan respon mesin, handling, keiritan dan nyamannya didalam GL. Hal yang menjadi beberapa poin yang cukup menganggu adalah dimensi ruangannya yang tentu lebih sempit dan harga sparepart yang lebih tinggi namun sama mahalnya jika dibandingkan dengan honda.

    Nissan GL tidak bisa di nilai dari luarnya saja, coba lakukan test drive, pasti akan merasakan perbedaannya. Tapi jangan dari BMW ke Nissan GL jelas beda, tapi dari Premium MPV ke Nissan GL. pasti akan terkejut seperti layaknya diri saya sendiri.

    Terima Kasih

  2. Tulisan Anda sekaligus menjawab keberatan Anda dalam hal kepraktisan Honda:)
    “Namun ternyata setelah saya beralih ke Nissan GL, saya merasakan perbedaan yang signifikan terutama tarikan respon mesin, handling, keiritan dan nyamannya didalam GL.”

    Tarikan, handling, keiritan, nyaman…4 hal ini tentu tidak mewakili poin kepraktisan. Praktis di sini adalah kemudahan naik turun barang, tersedianya ruang penyimpanan kecil di kabin, mekanisme pelipatan kursi, dan sejenisnya, dan bukan luasnya kabin, apalagi respon mesin dsb.

    Saya ada di Guangzhou waktu peluncuran Nissan GL, dan setelah mencoba, saya tidak terlalu antusias dengan Nissan GL. Kenapa? Hal yang ada di Nissan GL menurut saya juga ada di small MPV lain. Yang membuat Nissan cukup berhasil adalah positioning harga dan market yang tepat. Dengan harga tidak terlalu tinggi, fitur yang didapat juga pas-pasan. Suspensi nyaman? Jelas ada campur tangan Renault di situ. Namun untuk kepintaran kabin, masih belum bisa menyamai Honda.
    Premium MPV ke Nissan GL? Berarti mencoba membandingkan Nissan Elgrand dengan Grand Livina dong..jelas saya pilih Elgrand..hehehe

    Oiya..Freed ternyata tidak dilengkapin dengan transmisi CVT:)

  3. budiharjono · · Balas

    Setuju dengan Abe, kemudahan naik turun barang memang jadi kendala, terutama dibarisan ke tiga.

  4. budiharjono · · Balas

    Maaf, GL = small mpv he-he, tentu, saya juga memilih Nissan Elgrand. Maap maap

  5. temen2..

    kebetulan saya sudah inden freed psd matic, tapi entah kenapa liat interior n bentuk belakang jadi agak ragu.. nah akhirnya saya coba liat grand livina yang keluaran terbaru.. interiornya lebih keliatan mewah dibanding freed yah…

    menurut temen2 saya harus menentukan pilihan di mana yah??? he he hehe..

  6. Saat ini saya punya GL XV Matic, tadi sempet test drive freed. Memang ada perbedaan saat tarikan awal, seperti nya lebih smooth freed (atau krn GL saya dah lama yah ;)) secara dah 2 thn) atau memang demikian nyamannya si freed ini.

    Kabin jelas lebih lapang freed (penumpang lbh bisa bernafas)
    AC single blower blom test di cuaca panas sanggup bekerja maksimal smp ke belakang atau ga tuh.
    Fitur keamanannya jauh lebih lengkap freed. Pengen ganti ahhhh…

    Ada yg mo comment lagi? ditunggu yah, sblm aku salah pilih nih.

    1. wah..kalo saya sih ga bisa komen, abis belum pernah ngerasain freed sambil jalan..hehehe..tapi di milis (Honda), pada banyak yang ga mau pake freed..daripada tanggung n harga hampir sama, mending ambil yang besar sekalian.
      nissan GL sebenernya bagus, cuma interior yang sempit memang mengurangi selling point..ditambah kesan interior agak ‘cheap’…padahal mesin bagus banget neh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: