[OPINI] Kawasaki Ninja 250 4 Silinder (ZX-25R) – Apa Nyaman?

Lagi enak-enaknya #stayathome gara-gara merebaknya COVID19, eh, kebayang lagi pada greget kedatangan motor baru dari Kawasaki, yaitu ZX-25RR alias Ninja 250 4 silinder. Motor ini bakal jadi kuda hitam dalam kancah permotoran kelas tanggung 250cc di Indonesia yang sesak dengan orang banyak gaya berbagai merk, sebut saja ada Honda, Yamaha, Suzuki, Benelli, KTM, dan kawan-kawannya.

Lalu kenapa dengan 4 silinder? Sementara lawan mainnya pada pake 2 silinder atau bahkan 1 silinder pun cukup? Saya dulu pernah ngobrol ama expat asal. Italia yang sudah lama tinggal di Indonesia dan aktif menjadi komentator siaran MotoGP di salah satu TV swasta. Dia bilang, semakin banyak silinder dan semakin kecil displacement atau kubikase mesin, sebenarnya motor itu akan kurang nyaman dipakai di jalan raya. Alasannya karena mesin akan selalu bermain di RPM tinggi untuk mengeluarkan tenaganya. Dalam kondisi stop and go, hal ini malah bikin boros BBM, suhu mesin panas, dan pengendara jadi lebih capek.

Nah, kalo menurut saya pribadi sih, ini kembali pada selera dan keingintahuan para pecinta roda dua. Meskipun penambahan jumlah silinder tidak akan membuat tenaga motor menjadi jauh lebih gahar, tapi tetap aja motor baru ini disinyalir akan lebih bertenaga dibandingkan kakaknya yang cuma 2 silinder. Suara mesin 4 silinder tentunya juga jauh lebih seksi dibandingkan suara mesin 2 silinder dengan order pengapian seperti motor 2 silinder yang beredar di jalanan Indonesia. Jadi kembali ke masalah selera dan tersedianya pilihan bagi para maniak roda dua. Saya pribadi lebih mementingkan tersedianya torsi pada putaran bawah, sehingga motor kapasitas kecil dengan silinder banyak sepertinya bukan merupakan pilihan.

Pertanyaannya, apakah Ninja baru ini akan laku terjual di Indonesia? Waktu yang akan menjawab. Namun, jika pricing policy KMI cocok, bukan tidak mungkin motor ini akan banyak berseliweran di jalanan. Siap-siap juga telinga ini akan lebih pekak mendengarkan raungan motor 4 silinder yang knalpotnya udah dibobok tapi larinya ‘yah cuma gitu aja’ 😁. Tapi kalo saya punya duit, motor ini tetap akan saya beli sih.. Hehehe.

Tinggalkan komentar