[COOKING] MIE TOMAT TELOR

Waktu dulu saya tinggal di Hong Kong, hampir tiap akhir pekan saya ke Guangzhou mengunjungi anak istri yang kebetulan tinggal di sana. Di sana ada makanan yang biasa dijual di kedai-kedai kecil menjual mie tomat telur atau 番茄雞蛋湯麵. Kami memilih menu ini karena simple, murah, halal dan enak banget. Ga nyangka kalo bahan utama mie ini cuma mie, tomat dan telur. Iya.. Cuma 3 bahan ini aja udah bikin ngiler dan perut pun kenyang!!

Hasil masak sendiri.. Mie tomat telur ala ABe 😁


Cara masaknya juga gampang banget. Kalo saya pribadi bahannya sih daun bawang, tomat, telur, mie telur Urai (ini enak dan tekstur serta rasanya mirip mie di Tiongkok sono), sedikit garam dan saus tomat jika diinginkan. Nah, 1 bungkus mie Urai cukup untuk 2 anak (kalo aku sendiri bisa habis 1 bungkus.. Hehe). Tomat ukuran kecil 4 biji, atau ukuran sedang 3 butir, telur 3 butir, daun bawang 1 aja.

Mie Telur Urai.. Joss banget ternyata

Cara memasaknya juga gampang. Aku orak arik telurnya sampe dia padat tapi belum matang sepenuhnya, jangan lupa garami sedikit, tiriskan. Rebus mie di air mendidih sekitar 5-8 menit, beri garam sedikit, teteskan juga minyak sedikit supaya mie-nya gak lengket setelah ditiriskan. Sambil ngerebus mie, panaskan minyak sedikit di wajan, tumis daun bawang dan tomat yang sudah diiris tipis, tujuannya supaya jus dari tomat ini gampang keluar. Tambahkan air secukupnya sesuai selera, dan jika perlu tambahkan kaldu ayam juga. Dalam tahap ini mau ditambah saus tomat juga boleh.

Setelah tomat sudah agak hancur, masukkan telur yang tadi sudah kita masak orak arik. Aduk rata dan cicipi. Kalo udah pas rasanya, tinggal dicampur deh ama mie yang tadi kita rebus. Mie tomat telur rumahan yang rasanya gak kalah dengan restoran pun jadi. Yummm…

Ini asli enak banget sih.. Hehehe

Nah, kalo netizen mau nyobain tanpa susah payah masaknya, setau saya bisa datang ke beberapa restoran Xinjiang di Jakarat, seperti Sulaiman Resto (中国穆斯林餐厅《老韩家清真食府) di wilayah Petojo, atau di Royal Silk Road Casablanca. Tapi harganya gak murah yaaa… Ga tau kenapa, padahal di negara asalnya ini menu masuk yang paling murah.. Hehehe.

Selamat makaaan!!

Tinggalkan komentar